News & Tips

X2 Menjawab: Memakai Softlens saat Pandemik dan Puasa

Instagram @X2Softlens sering banget, nih, dibanjiri pertanyaan terkait penggunaan softlens saat pandemi dan bulan puasa ini. Kira-kira aman ngga, ya? Bikin batal puasa ngga, ya? X2 bakal jawab, khusus buat kamu para Exolove!

Memakai Softlens Saat Pandemic COVID-19

Belakangan ini sering banget muncul pertanyaan, apakah memakai softlens dapat menularkan Covid-19, karena terdapat beberapa sumber yang mengatakan bahwa virus ini dapat menular melalui mata. Nah, X2 mau ngasih tau kamu kalau kabar ini tidak benar, ya, Exolove! Menurut American Optometric Association (AOA) dan Association of Contact Lens Educator (IACLE), aman untuk menggunakan kontak lensa di masa pandemi saat ini. Lensa kontak tidak memberikan COVID-19 dan juga tidak ada bukti peningkatan resiko terhadap penularan COVID-19.

Ada atau tidaknya pandemi, kebersihan tetaplah harus dijaga. Membiasakan mencuci tangan sebelum memegang lensa kontak adalah upaya untuk meminimalkan kemungkinan infeksi, peradangan ataupun Penularan COVID-19. Pastikan juga kamu melakukan perawatan lensa kontak dengan benar.

Menurut Association of Contact Lens Educator (IACLE) ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Cuci tangan kamu secara menyeluruh menggunakan sabun dan air bersih, setidaknya selama 20 detik. Kemudian keringkan menggunakan handuk kertas, terutama setiap kamu akan memegang lensa kontak. Hindari kontak langsung air dengan lensa kontak kamu, ya, karena air merpakan media yang baik bagi baktei dan virus untuk berpindah. Jadi, selalu keringkan tangan kamu!
  2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut kamu dengan tangan yang tidak dicuci.
  3. Buang lensa kamu sesuai dengan jadwal yang disaranakan/tanggal expired. Baik itu lensa kontak harian atau bulanan, gunakan sesuai dengan masa waktunya, ya, Exolove.
  4. Hentikan pemakaian lensa kontak jika kamu merasa tidak sehat, terutama dengan gejala pilek atau flu.
  5. Bersihkan dan disenfeksi lensa kontak kamu setiap hari dengan produk perawatan yang direkomendasikan oleh praktisi lensa kontak kamu. Nah, berarti pastikan kamu membeli lensa kontak ditempat yang terpercaya, ya, Exolove.
  6. Terakhir, bersihkan wadah penyimpanan kamu setiap hari dang anti secara berkala dan teratur.

Memakai Softlens Saat Berpuasa

Pertanyaan yang ini juga ngga kalah banyaknya yang nanyain. Pertama, X2 mau jawab dulu nih soal softlens halal atau ngga halal. Perlu diingat, ya, Exolove, bahwa semua softlens itu halal. Namun, khusus untuk Exolove, Exoticon punya produk ZUHRA yang memang sudah direkomendasikan oleh MUI. Pemakaian softlens dan tetes mata selama berpuasa juga ngga akan bikin puasa kamu batal. Berpuasa mungkin akan bikin mata kamu lebh cepat kering dari biasanya, tapi tetap gunakan tetes mata sesuai anjuran, ya. Cukup 4 tetes setiap harinya. Jika memang dirasa tidak nyaman, lepaskan softlens dan tunggu hingga mata kamu membaik untuk memakainya lagi. Ingat, bahwa kesehatan kamu tetap yang utama!

Stay safe, stay healthy, Exolove!