News & Tips

Pentingnya Memakai Tetes Mata Sesuai Kebutuhan

Apa Exolove tau bahwa tetes mata (eye drops) memilki fungsi yang berbeda-beda, loh. Khususnya untuk pengguna softlens, diperlukan tetes mata khusus. Pasti banyak banget nih dari Exolove yang bahkan suka pakai Solution untuk tetes mata? Tidak boleh, ya Exolove. Jadi daripada salah-salah lagi, X2 mau jelasin nih jenis tetes mata untuk kebutuhan mata kamu.

Jika kamu menggunakan obat tetes mata non-obat yang dijual bebas untuk meredakan kekeringan atau iritasi, kamu akan menemukan bahwa ada tiga kategori obat tetes yang tersedia untuk: mata kering, mata merah, dan khusus lensa kontak.

Tetes Mata ‘Mata Kering’

Salah satu penyebab mata kering adalah air mata yang lebih cepat menguap. Kondisi ini yang biasa kita alami dan disebabkan oleh aktivitas sehari-hari, seperti cuaca (angin, asap, atau udara kering) dan kondisi yang membuat jarang berkedip (saat membaca atau bekerja terlalu lama di depan layar komputer).

Tetes mata kering tersedia dalam berbagai formulasi. Tetes mata untuk mata kering dirancang tidak hanya untuk melumasi mata tetapi juga untuk mempercepat penyembuhan langsung di permukaan mata. Jika ingin menggunakan tetes mata untuk mata kering saat menggunakan lensa kontak, perhatikan kemasan tetes mata yang memang tertulis dapat digunakan bersamaan dengan lensa kontak.

Tetes Mata ‘Mata Merah’

Tetes mata untuk meredakan mata merah memiliki bahan khusus yang disebut vasokonstriktor. Tetes ini mengecilkan pembuluh darah kecil di konjungtiva, jaringan bening yang melapisi bagian putih mata kamu. Tetes mata ini dapat menyebabkan endapan terbentuk di permukaan lensa kontak kamu dan jika digunakan berulang kali untuk membasahi kembali lensa kontak kamu, dapat menyebabkan kemerahan yang awalnya hilang malah kembali.

Jadi, jika kamu mengalami infeksi mata seperti mata merah, cara terbaik adalah menghindari lensa kontak saat menggunakan obat tetes mata yang diresepkan. Demikian pula, jika kamu menggunakan obat tetes mata untuk alergi atau mengalami cedera mata, sebaiknya hindari lensa kontak saat menggunakan obat tetes dan menunggu mata kamu membaik, ya.

Tetes Mata ‘Lensa Kontak’

Tetes mata tertentu dapat digunakan dengan lensa kontak. Tetes mata lensa kontak sering juga disebut tetes pembasahan ulang (re-wetting). Banyak pemakai lensa kontak menggunakan tetes pembasahan (re-wetting) untuk membuat kontak mereka terasa lebih nyaman dan membersihkan kotoran yang menempel di lensa kontak selagi kamu memakainya.

Tetes pembasahan ulang melumasi mata kamu dan melembabkan lensa kontak, membuat mata kamu lebih nyaman saat memakai lensa kontak. X2 punya X2 Contacts, tetes mata khusus untuk kontak lensa yang pasti aman untuk kamu. X2 Contacts berfungsi untuk melumasi kontak lensa kamu untuk kenyamanan tahan lama.  X2 Contacts memiliki teknologi HA Hydroloc System yang dapat menguncu kelembaban, tetes mata ini bahkan cocok untuk kamu yang bermata kering dan sensitive.

 Jadi, sekarang jangan sampai salah pilih lagi ya Exolove. Gunakan tetes mata yang memang dibutuhkan oleh mata kamu. Love your eyes!

Source: https://www.verywellhealth.com/can-i-use-eye-drops-with-my-contact-lenses-3421641