News & Tips

4 Cara Mata Tetap Sehat Meski Kerja Ekstra

Banyak dari kita yang lupa dan tidak sadar bahwa menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting untuk dilakukan. Padahal mata termasuk ke dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusia, dan penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Apalagi di masa pandemic seperti ini. Kebijakan untuk Work from Home (WFH) dan Study from Home (SFH) juga diberlakukan. Dengan bekerja dan belajar dari rumah, bukan berarti jadi semakin mudah. Terkadang butuh fokus ekstra dan waktu yang lebih lama untuk berada di depan layar monitor. Hal itu kemudian bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan pada penglihatan.

Saat mata sudah mengalami gangguan atau masalah, cara mengatasinya mungkin tidak akan mudah. Bahkan, beberapa jenis kerusakan pada mata pun bisa saja berdampak negatif. Padahal, menjaga mata tetap sehat sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Mengingat “mata” sebagai salah satu aset penting di hari tua, bagaimanakah cara yang paling efektif untuk menjaga mata agar selalu sehat meski pekerjaan menuntut kamu untuk berlama-lama menatap layar komputer?

Simak caranya berikut ini, Exolove!

1. Gaya hidup sehat

Asupan makanan sehari-hari ternyata bisa memengaruhi kesehatan mata. Biar indra penglihatan kamu selalu sehat, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zink, dan lutein. Kamu bisa mendapat kandungan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi makanan, seperti sayuran hijau, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, blackberry, dan jeruk.

Kebiasaan merokok juga ngaruh, loh! Nyatanya merokok tidak hanya mengganggu kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi juga bisa memicu gangguan pada mata. Asap rokok yang mengenai mata disebut bisa meningkatkan risiko terjadinya katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan serta merusak retina.

2. Atur dan sesuaikan perangkat elektronik

Aturlah kecerahan pada layar monitor komputermu sesuai dengan posisi paling nyaman. Usahakan untuk nggak mengatur layar monitor terlalu cerah atau terlalu gelap agar kamu nggak kesulitan untuk melihat layar. Bila perlu, tambahkan screen protector pada layar komputermu agar membuat mata kamu nggak cepat lelah.

Kamu nggak perlu memandangi terlalu dekat atau harus susah payah untuk selalu memfokuskan pandangan. Ingat, jarak pandang terbaik adalah 50cm-100cm dengan posisi duduk tegap.

3. Berikan waktu untuk istirahat dari layar

Terlalu lama menatap layar komputer atau laptop juga bisa meningkatkan risiko kerusakan pada mata. Hal ini bisa menyebabkan mata kering dan tegang, pandangan menjadi kabur, nyeri leher, sakit kepala, sakit  pada bahu dan punggung, serta sulit fokus menatap kejauhan. Jika harus bekerja di depan komputer, pastikan untuk selalu mengambil waktu istirahat, yaitu dengan mengalihkan pandangan setiap 20 menit. Cobalah untuk melihat objek yang jauh di depan, tujuannya untuk mengurangi ketegangan pada mata.

Kamu juga bisa melakukan senam pada mata kamu. Kamu bisa memijat kelopak, memutar mata, melirik ke semua arah, dan mengalihkan pandangan sejenak dari layar ke sesuatu yang lebih natural atau menghangatkan mata dengan telapak pangan, niscaya mata mu akan kembali segar dan siap untuk bekerja kembali.

4. Periksakan mata secara rutin

Rutin melakukan pemeriksaan pada mata juga bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah kerusakan. Sebab, pemeriksaan mata bisa memantau kondisi bagian tersebut dan gangguan atau masalah kesehatan yang muncul bisa segera dideteksi. Usahakanlah setiap 3 bulan sekali kamu memeriksakan kondisi mata, jika suatu saat kamu mempunyai keluhan maka akan segera mendapat penanganan yang tepat dari ahlinya. Jangan mengabaikan berbagai masalah pada mata. Bila mata terasa gatal atau berubah merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dengan air dingin. Jika kamu merasa seperti ada butiran pasir di mata, maka bilas dengan air bersih.

promkes.kemkes.go.id | www.halodoc.com