News & Tips

Sembilan Gerakan Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Banyak orang masih mengaitkan program olahraga penurunan berat badan dan pembentukan otot dengan keharusan pergi ke gym. Karena banyak orang berpikir bahwa cara paling mudah adalah dengan bantuan alat-alat gym tersebut.

Padahal banyak gerakan olahraga yang bisa dilakukan tanpa bantuan alat khusus. Apalagi jika kita sedang dalam kondisi perlu di rumah saja ataupun harus work from home (WFH), pasti badan jadi jarang gerak, kan? Dari semua gerakan yang memungkinkan, berikut ini 9 contoh gerakan yang bisa kamu lakukan di rumah!

1. Push up bisa dilakukan di mana saja

Ini adalah gerakan tanpa peralatan terbaik yang bisa kamu lakukan di manapun. Karena gerakan ini melibatkan banyak sekali kelompok otot, gerakan ini sangat efektif dalam membakar lemak dan bisa mendukung pembentukan ototmu.

2. Squat pun cuma memerlukan permukaan yang stabil

Gerakan ini akan sangat menguatkan otot-otot kakimu. Kamu juga bisa memberikan berbagai variasi untuk sekaligus melatih otot-otot keseimbanganmu.

3. Bench dip hanya memerlukan sesuatu yang kuat menyangga badanmu

Kamu bisa menggunakan bangku atau kursi untuk membantumu. Gerakan ini bagus untuk pembentukan otot dada dan trisep.

4. Melakukan burpee itu mudah banget

Gerakan yang melibatkan seluruh tubuh ini bisa membakar kalori jauh lebih baik daripada latihan kardio apapun. Intensitas gerakannya akan sangat mempengaruhi pembentukan otot lengan, dada dan kaki.

5. Lunge bisa kamu lakukan sambil mendengarkan dentuman musik favoritmu

Gerakan penahan berat tubuh untuk melatih kaki yang lainnya, tapi berbeda dengan squat. Gerakan ini akan melatih bagian belakang pahamu dan otot-otot keseimbangan (terutama bagian belakang pantat).

6. Box jump akan sangat melatih kakimu

Kamu bisa menggunakan kursi ataupun kardus jika ingin lebih aman. Gerakan ini tidak hanya akan melatih kekuatan kakimu saja, tapi juga daya dorong otot-ototmu.

7. Plank memang terlihat mudah sekilas, tapi jangan disepelekan

Gerakan ini sangat bagus untuk melatih keseimbangan tubuh intimu. Variasi gerakan dengan tingkat kesulitan berbeda-beda akan sangat bisa menguji otot-otot keseimbanganmu.

8. Sesekali kamu perlu coba tendangan rusa

Mungkin bisa disetarakan dengan push up tapi dalam variasi yang lain. Gerakan ini akan sangat melatih otot pundakmu.

9. Tinju bayangan itu bukan jurus khusus, tapi olahraga mudah yang kece

Meskipun latihan ini gak memerlukan daya tahan yang kuat, kecepatan maksimum yang bisa kamu kerahkan akan menggerakkan lenganmu, pundakmu dan otot intimu hingga bisa membuat jantungmu berdegub kencang. Gak hanya itu, olahraga ini juga terlihat keren walau kamu gak memiliki alat sasaran pukul.

Pasti sudah gak sabar untuk segera mencobanya kan? Sebelum mulai WFH kamu, yuk bangun lebih pagi untuk melakukan ini, atau selipkan di waktu kosong kamu di sore hari. Meski di rumah aja tetap hidup sehat, ya, Exolove! Ajak juga temen-temen kamu, siapa tau mau olaharaga bareng sambil video call!

idntimes.com