Penanganan pada Rabun Jauh

Penanganan pada Rabun Jauh

Mengalami mata rabun jauh memang menjadi masalah tersendiri. Dimana mata tidak bisa melihat pada jarak pandang jauh karna kerusakan yang terjadi pada kornea mata. akibatnya mata harus menggunakan alat bantu. Apa saja yang bisa dilakukan untuk menangani mata rabun:

  1. Penggunaan kacamata atau lensa kontak

Langkah penanganan rabun jauh yang paling sederhana dan terjangkau adalah dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak. Pemilihan kacamata serta lensa kontak tergantung pada kebutuhan serta kenyamanan Anda. Jika Anda memilih lensa kontak, menjaga kebersihan lensa kontak sangatlah penting agar Anda terhindar dari infeksi mata. Jika anda enggan dengan lensa kontak berwarna, lensa kontak juga tersedia dengan warna yang bening. sehingga tidak terlihat seperti menggunakan lensa kontak.

  1. Operasi dengan sinar laser

Proses operasi dengan sinar laser juga dapat menjadi alternatif. Diperkirakan sekitar 90 persen pasien yang menjalaninya merasakan perubahan yang signifikan. Dalam operasi ini, sinar laser akan digunakan untuk membakar sebagian kecil kornea agar lengkungannya kembali normal. Laser epithelial keratomileusis (LASEK), laser in situ keratectomy (LASIK), dan photorefractive keratectomy (PRK) adalah tiga jenis operasi laser yang dapat menjadi pilihan.

Setelah menjalani LASEK atau LASIK, kemampuan mata Anda akan kembali dalam 24 hingga 48 jam. Tetapi pemulihan secara total umumnya memakan waktu hingga sebulan. Sedangkan untuk PRK, proses pemulihan sampai penglihatan kembali stabil dapat berlangsung lebih lama, yaitu hingga setengah tahun.

Demikianlah penangan rabun jauh yang bisa dilakukan untuk penderita rabun jauh.