Mata Perih Setelah Berenang

Mata Perih Setelah Berenang

Mengalami mata merah dan kering sehabis berenang memang sudah tidak asing. Kalau dipikir-pikir, kolam renang kan berair. Tapi kok malah bikin mata kering? Ternyata sakit mata yang diikuti dengan mata merah dan pandangan yang kabur itu ada penyebabnya. Dilansir oleh Healthy Day pada bulan Oktober 2014 lalu, kandungan klorin pada air kolam akan memberikan dampak kurang nyaman bagi mata. Klorin sendiri diberikan ke air kolam dengan tujuan membersihkan air dari kotoran dan bakteri.

 

Kolam renang yang mengandung klorin bikin mata kering, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasinya.

Pakai Kacamata Renang

Supaya melindungi mata dari terpapar air kolam secara langsung, jangan lupa untuk memakai kacamata renang. Semakin ketat, semakin bagus. Asalkan tidak terlalu ketat yang malah bikin berenang tidak nyaman. Selain melindungi dari mata kering dan perih, kacamata renang juga memungkinkan untuk lebih leluasa melihat bawah air.

Jangan Pakai Lensa Kontak

Karena berenang tidak sama dengan pergi ke mal, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu lensa kontak sebelum menceburkan diri ke air kolam. Sebagai catatan, kalau tetap nekat memakai lensa kontak, celah antara mata dengan lensa kontak yang terisi air bisa menjadi tempat berkembangnya virus dan bakteri penyebab gangguan mata.

Bilas Mata

Setelah berenang, segera lari ke kamar mandi dan bilas mata supaya terbebas dari klorin. Lakukan hal ini setidaknya sekitar 15 menit setelah keluar dari kolam renang. Jangan sampai telat, ya.

Pakai Tetes Mata

Untuk yang merasa terlambat menyelamatkan mata dari ancaman klorin, segera berikan tetes mata terbaik yang ampuh dan cepat mengatasi mata kering secara tuntas. Kamu bisa menggunakan tetes mata yang bisa mengembalikan kelembaban mata.