News & Tips

Jadi MUA, susah nggak, sih?

Kamu suka make up dan merasa make up adalah passion kamu? Mungkin kamu harus lebih menekuni itu, siapa tau kamu bisa jadi Make up Artist professional. Tapi susah ngga sih jadi MUA? Dan gimana mulainya, ya?

Sebenarnya profesi MUA sudah lama ada, namun beberapa tahun belakangan ini profesi MUA jauh lebih terlihat dan bahkan digandrungi, thanks to the growth of social media. Kalau dulu MUA hanya dari mulut ke mulut, atau salon ke salon, sekarang MUA lebih mudah ditemukan hanya dengan mencari hashtag di instagram. Belum lagi jika berkesempatan mendandani klien potensial, semakin tinggi juga eksposur yang didapatkan. Orang-orang jadi lebih aware dengan pekerjaan MUA, siapa saja klien mereka, alat apa saja yang digunakan, portofolio seperti apa yang akan dicari oleh banyak orang, dan tanggung jawab apa yang diemban seorang MUA.

Untuk menjadi MUA, nggak perlu sekolah khusus kok, Exolove. Terutama ilmu-ilmu dasarnya. Sekarang banyak banget media belajar yang bisa kita temui, seperti instagram, youtube, dan pinterest. Nah, setelah udah tau dasarnya, boleh deh kamu mulai cari-cari tips dan trick dari professional, biasanya banyak beauty workshop yang diadain sama brand kosmetik yang juga menghadirkan MUA professional, boleh tuh kamu ikut sekali-sekali untuk menambah ilmu dan referensi. Eits, bukan berarti mengenyampingkan sekolah make up ya. Untuk kamu yang bisa mendalami make up dengan sekolah juga memiliki kelebihan sendiri, seperti memiliki sertifikat da nada mentor pribadi ang bisa langsung memberi masukan spesifik untuk hasil make up. Selain itu, belajar di sekolah make up juga membuat kamu jadi paham patokan yang jadi guidelines dalam dunia MUA. Tapi jangan sampai patokan ini membuat kamu takut untuk keluar dari comfort zone ya, Exolove, tetap eksplorasi trend make up yang baru.

Untuk produk, kamu harus lihat-lihat dulu nih. Sebagai pemula, kamu harus bisa pilih produk mana yang worth it dibeli mahal, mana yang bisa dihemat. Kalau ada ­budget-nya pilih high-end brand untuk complexion products yaitu primer, foundation, dan powder. Karena kalau  base-nya nggak bagus, keseluruhan make up nya bisa jadi ngga bagus.

Portofolio juga hal yang ngga kalah penting, karena calon klien akan lihat hail make up kamu dari situ. Sebagai pemula, kamu ngga perlu kok kamera yang bagus untuk fotoin hasil make up kamu. Pastikan saja spot foto kamu sudah bagus dan punya natural lighting yang cukup, jadi detail make up nya bisa kelihatan. Satu tips lagi nih, Exolove, tentang portfolio, jangan post hasil make up kamu pas weekend, karena pasti akan saingan dengan MUA lainnya. Jangan lupa masukin hashtag juga ya, penting tuh!

Terakhir hindari kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan MUA pemula, salah satunya hanya fokus ke barang-barang yang dipakai, bukan hasil make up nya. Nggak harus pakai tools mahal dan keren kok, yang nomor satu adalah hasil make up nya. Kamu harus fokus ke prosesnya, karena dari situ kamu bisa belajar banyak banget. Be your won critic and always look for improvements!

Dan pastinya jangan lupa untuk pakai softlens dari X2, yang bakal melengkali hasil make up jadi makin gorgeouuuuussss! Jangan bosan untuk terus belajar, ya , Exolove!

femaledaily.com