Shopping untuk menenangkan saraf mata

Shopping untuk menenangkan saraf mata

Shopping ternyata sangat diperlukan setelah Anda melakukan kegiatan yang menguras energi dan pikiran. Pasalnya, shopping bisa melepaskan kepenatan akibat rutinitas sehari-hari.

Menurut pakar Psikologi dari Universitas Indonesia, Dra Augustine Sukarlan Basri, MSi, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran, salah satu nya adalah dengan berbelanja. Berbelanja adalah hal yang positif selama tahu batasannya. Belanja juga bisa dilakukan untuk mengapresiasi diri sendiri, yaitu dengan menghadiahi diri sendiri barang-barang yang diinginkan.

Belanja juga bisa menjadi sarana olahraga, sosialisasi, mendapatkan info baru, dan membuat mental jadi sehat. Apalagi jika berbelanja bersama teman atau pasangan. Anda bisa berbagi cerita atau meminta pendapat saat membeli barang.

Selain itu belanja juga bisa menenangkan saraf mata, karena melihat sesuatu yang baru, berwarna, dan sesuatu yang membuat kita tertawa atau tersenyum bahkan terheran-heran. Hal tersebut disebut dengan istilah “cuci mata” namun secara kesehatan hal tersebut disebabkan oleh hormone oksitoksin dan endorphin yaitu menciptakan rasa bahagia. Hall tersebut membuat pikiran relax dan bisa membuat saraf mata menjadi relax juga.

Tapi dalam hal berbelanja juga perlu untuk diperhatikan agar tidak berlebihan. Menahan diri untuk membeli barang yang tidak menjadi kebutuhan juga penting untuk dimiliki agar tidak menjadi beban setelah berbelanja. Selamat berbelanja Exolove