News & Tips

10 hal penting bagi pemakai Softlens

 

 

Hi exolove, kamu yakin sudah melakukan hal-hal dibawah saat menggunakan dan merawat softlens ?

 

  1. Tangan dicuci dengan sabun dan dikeringkan

Sebelum menyentuh softlens, pastikan kamu mencuci tangan dengan air dan sabun sampai bersih. Kemudian jangan lupa untuk mengeringkan tangan ya exolove, karena ada juga bakteri yang berasal dari air yang bisa masuk ke softlens kamu.

  1. Meneteskan tetes mata khusus softlens

Ketika mata terasa kering dan kurang nyaman, pastikan kamu meneteskan tetes mata khusus penggunaan softlens ya. Bukan tetes mata untuk iritasi atau mata merah.

  1. Tidak menggunakan softlens saat tidur

Softlens yang digunakan seharian bisa menjadi sarang bagi kuman dan virus yang bisa merusak bola mata.  Mengenakan softlens ketika tidur dapat membuat kornea mata kekurangan oksigen. Hal ini tidak hanya membuat mata kering dan terasa tidak nyaman saja, lho. Jika sering dilakukan, mata bisa bengkak dan penglihatan pun kabur. Bakteri juga semakin mudah “terjebak” di mata ketika tidur sambil memakai softlens. Bahkan, sebuah penelitian dari Australia menemukan kalau mereka yang sering tidur pakai softlens 6.5 kali lebih berisiko terkenal infeksi pada kornea.

  1. Tidak menggunakan softlens saat mandi & berenang

Hal yang juga harus diperhatikan ketika mengenakan softlens adalah tidak boleh membuatnya basah (seperti mandi & berenang). Air mengandung mikroorganisme (bakteri) yang bisa terjebak di softlensAkibatnya, mata bisa infeksi menyakitkan yang tidak menutup & kemungkinan menyebabkan kelihangan penglihatan secara permanen.

  1. Rajin membersihkan & menggosok softlens

Pastikan kamu selalu membersihkan softlens sebelum dan sesudah pemakaian. Cara yang benar membersihkan softlens adalah dengan menggosoknya secara perlahan dan hati-hati menggunakan cairan pembersih khusus softlenslalu bilas dan rendam dengan cairan yang sama sebelum disimpan di tempat khusus.

  1. Membersihkan & mengganti softlens case 3 bulan sekali

Tempat softlens yang kotor adalah sarang kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan infeksi mata. So, bersihkan tempat softlens setiap hari untuk mencegah infeksi tersebut. Tidak sulit kok, cukup dengan merendamnya ke dalam air panas supaya terbebas dari kuman dan bakteri. Jangan lupa mengganti tempat softlens setiap max tiga bulan sekali ya exolove.

  1. Tidak menggunakan cairan pembersih softlens yang sudah lama

Ingat ya, cairan pembersih softlens hanya dapat digunakan 3 bulan setelah dibuka. Jangan coba-coba menggunakannya setelah 3 bulan dibuka jika tidak mau softlens menjadi rentan terhadap bakteri.

  1. Tidak menggunakan lebih dari 1 cairan pembersih softlens

Satu softlens hanya dapat menggunakan satu merk pembersih softlens ya exolove. Jangan menggunakan dua atau lebih merk permbersih softlens yang berbeda untuk satu softlens. Karena kandungan kimia yang terkandung di dalamnya pasti berbeda.

  1. Cek kondisi softlens dan kondisi mata

Selalu cek kondisi softlens kamu yaitu pastikan kalau softlens tidak robek dan tidak expired. Selain itu cek juga kondisi mata kamu, pastikan mata tidak sedang dalam keaadan merah, bengkak, dan iritasi.

  1. Tidak memindahkan cairan pembersih softlens ke tempat yang lebih kecil

Jangan memindahkan cairan pembersih softlens ke tempat yang lebih kecil karena dapat membuat cairan pembersih rentan terhadap bakteri. Dan lagi kebersihan tempat cairan yang akan dipindahkan kurang terjamin dibandingkan kemasan aslinya.